Wanna be Teacher….? Part I


Berawal dari wall di facebook

tertanggal 3 Agustus 2012 dari Bu Fatonah, Guru Matematika saya saat di MAN 13..

“pit kamu udah aktif ngajar blm? bisa nggak menggantikan bu muti sementara selama pergi haji di man 13?”

hm… pertama baca kaget. Alhamdulillah dipercaya untuk menggantikan Bu Mutiah selama Bu Mutiah haji. Aku pikir ini bukan tawaran main-main. Bu Mutiah salah satu guru senior. berarti… jam ngajar otomatis lumayan tinggi. Sempat berpikir beberapa hari dan akhirnya memutuskan..

Bismillah.. Insya Allah bisa!

Berbekal pengalaman private, organisasi kampus, dan cerita-cerita pengalaman teman di kampus yang mengalami PPL..

dan.. pengalaman guru-pun siap dimulai

___________________________________________________________

1 September 2012

Akhirnya ke MAN 13 untuk pertama kalinya sebagai guru. Agak ‘kikuk’ karena perubahan sekolahan dan ternyata guru-guru baru lumayan banyak. Hari pertama di sekolah dapet banyak ‘input’ dari Bu Mutiah. ternyata……. secara tidak langsung saya juga harus menggantikan beliau piket, urusan anak-anak dan guru program khusus (Bu Mutiah, Kepala Program Kelas Khusus).. Banyak hal juga yang harus dipelajari (termasuk memahami RPP! oh nooo… selama ini hanya mendengar RPP dari tmn kampus yg prodi pendidikan :p)

Selain banyak input, saya juga diajak makan bareng di ruang makan guru-guru. sekalian ‘diperkenalkan’ oleh guru-guru bahwa saya nanti yang akan menggantikan Bu Mutiah selama beliau haji. Alhamdulillah guru-guru yang sudah mengenal saya memberikan banyak support.. aiiihhh… jadi terharu….. :’)

Senin.. jadwal mengajarnya hanya jam 14.00 – 15.30 di XII Ipa-A. wew! langsung mulai ngajar loh -.-“
awalnya agak grogi. tapi… Bismillah! Saya Bisa!!!
 
Apa yang terjadi di saat pertama ngajar?
Alhamdulillah………………!
Cihuy!
Lancaaarrr!! ;D
Senang tiada terkira *tsaaah* melihat antusiasme mereka untuk berkenalan dan belajar.. Awalnya mereka banyak bertanya.. dan kalo mengingatnya, bikin aku senyum…🙂
» “kak, tadi kakak bilang kakak alumni MAN 13 angkatan 2008 ya? kenal xxx? xyxy? xxxy? yyyy?” mereka ribut menyebutkan banyak nama. ribut mereda setelah ada salah satu anak yang bilang, ” kakak kenal jajang?”. hhhmmmmm… langsung ku tebak. ni anak pasti lagi ngerjain aku. dengan entengnya ku jawab, “Jajang?? hahaha! kakak tahu… yang jadi tranding topic di twitter kan?”. Anak-anak mendadak hening dan secara mendadak pun rame lagi. “waah! kakak keren tau jajang!”
» “kak, kakak ikut rohis ya? kemaren ikut aksi yang rohis? saya ikut dong kak…”
» “kak, pilkada DKI kemarin pilih apa?”, sambil ketawa cuma bilang, ” waaahh… kakak bukan orang Jakarta tuh… “
dan bisa ketebak, pertanyaan berikutnya adalah
» “kak, kakak orang P** ya?”
hadoooooohh… hebat bener nih kelas. mulai bahasan twitter sampai politik terbahas di kelas Matematika!! WOW!! big applause banget deh….
Alhamdulillah hari pertama so far so good🙂
Apa yang terjadi di kelas-kelas berikutnya?
Kelas berapa aja yang saya ajar?
aaaahh.. semua kelas punya ciri khas masing-masing..😉
-berdasarkan postingan di http://www.palupiutami.tumblr.com
27 Oktober 2012-
Categories: My Life | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

