Permainan Keluarga


*kategori parenting lagi nih??
Hahaa..😀

Kepikiran untuk menceritakan permainan asyik saat jaman anak-anak, setelah liat TL mba @asmanadia yg lagi tweet:

“Games yang biasa dimainkan bersama keluarga? Saya lagi main scrabble sama adam:) #tanya”

Tring! Masa-masa menyenangkan saat jaman anak-anak ter’flashback’..

Sedari dini, peraturan di rumah sangat ketat. Siang dan ba’da maghrib adalah waktu terlarang untuk bermain, walaupun hari libur sekolah!! Seramai apapun suasana teman-teman bermain di luar rumah, aku dan kakak (jarak usia 3thn) tetap tidak diberi ijin untuk bermain..

Tidak sekedar melarang, ummi selalu punya cara untuk aku dan kakak tetap nyaman di dalam rumah, tanpa terasa ‘dipenjara’. Aku dan kakak tidak perlu waktu lama untuk ‘merajuk’/minta bermain di luar karena ummi dengan cepat akan memberi alasan mengapa kita dilarang bermain (karena bukan waktu bermain) dan memberi alternatif permainan yg bisa dimainkan bertiga, di dalam rumah! Haa.. Suka banget!

Kita bertiga (abi jarang ikut bermain karena kerja dari pagi-malam) punya beberapa permainan. Diantaranya ada lompat tali (karet), petak umpet, kemping.
Laaahh.. Permainan-permainan itu bukannya untuk di luar rumah?? Kita bertiga bisa memainkannya di dalam rumah!🙂
Rumah kita besar?? Ga.. Rumah kita adalah 2 rumah BTN tipe 21 yang dijadikan satu.
Kita menyiasati ruang yang ada..
Kalo maen karet di ruang tamu, berarti kursi dan meja disingkirkan..
Kalo maen tak umpet, ya seadanya tempat.. *yg jaga gampang nemuin yg ngumpet :p *
Kemping???? Untuk kemping, kita memanfaatkan tali rafia dan seprei. Tali rafia dikaitkan ke kusen jendela yg ada di ujung-ujung ruangan dan ditopang dengan beberapa bangku yang ‘senderan’nya cukup tinggi. Nah.. Kemping ini yang paling favorite!😀

Setelah pertamakali berhasil mendirikan tenda seprei, permainan kemping berikutnya mengajak teman-teman bermain bersama. Kita improve dengan adanya makanan, bantal,dan lain-lain. Wah.. Serasa kemping beneran deh!😉 konsekuensi dari permainan ini, tamu ga bisa masuk karena ruang tamu dijajah. Ruang tamu penuh dengan rangkaian tali rafia dan seprei..

Selain 3 permainan yang cukup heboh, kita juga ada beberapa permainan. Mulai dari Do mi ka do, cublek-cublek suweng, ABC 5 dasar, monopoli, dokter-dokteran (pernah main dokter gigi. Kakak jadi dokter, aku dan salah satu teman serta koleksi bonekaku jadi pasien), sampai scrabble..

Yang unik dari permainan scrabble, kita sering menyatukan 2 scrabble yang kita miliki menjadi 1 permainan dan kata yang dimainkan tergantung kesepakatan. Hm.. Biasanya sih campuran kata indonesia dan inggris. Asik bolak-balik liat kamus. Mulai dari kamus inggris sampai kamus besar bahasa indonesia😀

Nah..permainan-permainan itu yang paling sering dimainkan. Ummi abi sangat melarang anak-anaknya untuk bermain kartu dan ‘game’. Aku dan kakak tidak pernah punya kartu, gamebot, tamagochi, play station.. Namanya anak-anak ya.. Kita kalo maen permainan ‘terlarang’, maennya di rumah tetangga.. Ups! Heheheee…

Salut buat ummi abi yang sangat komitmen pada peraturan rumah. Impact yang kurasakan saat ini di usia menjelang 23 thn, aku sangat tidak nyaman untuk ‘kongkow’ di mall atau tempat-tempat nongkrong lainnya. Datang ke mall dlm setahun bisa dihitung pake jari.. Hm… Apalagi bioskop! Bisa aja setahun dua tahun ga ke bioskop sama sekali.. *walaupun aku sangat suka film….* selain itu, aku sangat tidak nyaman bermain kartu, sekalipun kartu UNO. *Walaupun main UNO enak, tetap aja ada perasaan ga enak.. Yaa.. Walaupun aku ngerti juga main kartu ‘cangkulan’*

Syukur yang tiada terkira mendapatkan didikan yg tegas dan agama yang kuat!
Makasih ummi abi…
Semoga kita semua bisa istiqomah… *peluk ummi peluk abi*

Categories: My Life, parenting | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: