Banana Pancake


Ada sisa pisang kepok putih kematengan di dapur. Dari pada hanya sekedar menjadi pisang goreng, saya iseng menyulap pisangnya menjadi banana pancake😀

Sebelumnya belum pernah buat pancake ala cafe. Selama ini kalo buat pancake teksturnya cendung keras. Daripada ga ada perkembangan skill diri, saya putuskan untuk googling. Yipppppiiii!

Searching resep banana pancake, saya tertarik dengan dua resep. Resep pertama, banana pancake biasa. Resep yang kedua adalah banana pancake dengan oatmeal dan cinnamon (resepnya farah quinn). Walaupun di dapur ada oatmeal dan cinnamon, saya mau mencoba yang biasa dulu aja… lagi bosen sama oatmeal dan cinnamon…….

Resep yang saya jadikan referensi tidak menghasilkan pancake yang saya inginkan. Tekstur sama dengan yg selama ini saya buat dan rasanya terlalu manis. Berikut ini hasil ubahan resepnya…😀

image

Banana pancake

Bahan
>> 150 gr tepung terigu
>> 30 gr gula pasir
>> 4 sdm minyak sayur
>> 1sdt baking powder
>> 1sdt soda kue
>> 1/2 sdt vanili
>> 1/2 sdt garam
>> 1 buah pisang dihancurkan (mashed banana)
>> 1 telur (utuh, kocok lepas)
>> 200 ml susu
>> margarin untuk olesan pan

Cara Membuat

1. Campur, aduk rata semua bahan kering (terigu, gula, baking powder, soda kue, vanili, garam) dalam satu wadah

2. Kocok bahan basah (telur, minyak, mashed banana, dan susu) sampai tercampur rata.

3. Masukkan campuran bahan kering ke kocokan bahan basah perlahan. Aduk sampai rata hingga terbentuk menjadi adonan kental dan pastikan tidak ada bahan kering yang menggumpal.

4. Adonan sedikit demi sedikit di masak dalam pan yang telah diolesi dengan margarin hingga kedua sisinya kecokelatan.

5. Sajikan hangat dengan madu atau topping lainnya seperti ice cream atau pisang yang dimasak dengan gula palem dan cinnamon powder. Kalau yg difoto, saya mencobanya dengan glasur plus perasan jeruk nipis dan taburan gula palem.. seger!

Silahkan dicoba. Kreasikan sesuka hati😀
Masak itu menyenangkan.. ♥

Categories: all about FOOD | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

