Saung Angklung Udjo: nature, culture in harmony


Sudah sering ke bandung tapi baru kali ini ke Saung Angklung Udjo. Iiiiiihhhh….. nyesel!

Image

Alhamdulillah kunjungan pertama kali ke Saung Angklung Udjo sangat memuaskan untukku. Walaupun namanya saung angklung, di tempat ini tidak hanya dipertunjukkan angklung tetapi beberapa kebudayaan sunda lainnya. Mulai dari wayang golek, leheran (acara adat sunatan anak laki-laki), tari topeng, arumba, dan beberapa permainan tradisional. Hal menarik dari pertunjukan yang ada, pembawa acara sangat atraktif, pengisi acara yang mayoritas anak-anak sangat menarik dengan pakaian khas daerah sundanya yang warna-warni, serta penonton yang dilibatkan dalam bermain angklung, menyanyi bersama, dan diakhiri dengan menari bersama. Excited!

Setiap hari Saung Angklung Udjo ada pertunjukan. Bagi yang sendirian maupun keluarga kecil tidak perlu khawatir untuk datang. Kalian pasti akan tetap terlayani dengan baik! Tapi harus siap berbaur dengan rombongan lain ya J bagi kalian yang memiliki rombongan lebih dari 5 orang , ada baiknya menghubungi dulu pihak saung angklung udjo untuk mengetahui kondisi di tempat. Apakah masih memungkinkan untuk melihat pertunjukan atau tidak. dalam sehari saung angklung udjo memiliki 4 pertunjukkan. Pagi, siang, sore, dan malam. Untuk pertunjukan sore (pukul 15.30 WIB – 17.30 WIB), diperuntukkan khusus bagi pengunjung umum. Bagi rombongan yang hadir di sore hari harus hadir tepat waktu sebelum pukul 15.30 WIB. Untuk weekend sore, pertunjukkan akan lebih special dibandingkan saat weekdays.

Image

Harga tiket masuk untuk pertunjukkan semenarik itu termasuk murah. Dewasa (WNI) Rp60.000,00 sedangkan WNA Rp100.000,00. Pelajar/mahasiswa (WNI) tiket seharga Rp40.000,00 dan WNA Rp60.000,00. Semua harga berlaku sama untuk weekdays maupun weekend. Harga tiket termasuk welcome drink (dengan pilihan: es lilin, teh, air mineral) dan gantungan angklung kecil.

Bagi yang menginginkan paket khusus untuk mempelajari angklung lebih dalam lagi bisa menghubungi bagian marketing. Paket wisata yang ada di Saung Angklung Udjo disediakan untuk minimum 25 pack.

Saung angklung udjo mudah di jangkau karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota bandung. bagi yang mengendarai kendaraan pribadi dari arah jadebotabek, keluar pintu tol pasteur lalu lurus terus sampai bertemu jl. padasuka di sebelah kiri jalan. belok, lokasi saung angklung udjo ada di sebelah kanan. jika kondisi bandung sedang peak moment, bersiaplah menghadapi kemacetan di sekitar pasteur dan saat minggu pagi macet di sekitar gasibu karena adanya pasar kaget.

Peta Wisata Bandung

Oh iya! Selain pertunjukannya yang excited, toko souvenir di tempat ini sangat menarik. Barang yang ditawarkan sangat beragam dan harganya terjangkau. dompet karya binaan penjara suka miskin bandung, wayang golek kualitas terbaik, payung kertas, sandal batik, kaos, baju daerah sunda, dan tentu saja angklung!🙂 harga angklung untuk satu oktaf sekitar 200ribu-an. untuk menjadi harmoni, minimal kita butuh dua setengah oktaf. nah… ada juga harga paket orkestranya loh.. yang paling minimal (dimainkan 20 orang) harganya Rp5.000.000,00. harga sudah termasuk garansi 3 bulan setelah penerimaan barang, packaging, dan pelatihan untuk 1 orang.

Image

Aku sangat tertarik dengan harga pengiriman angklung ke luar negeri. pengiriman angklung cukup sulit karena sifat angklung yang rentan terhadap cuaca dan serangga. standar pengiriman angklung ke luar negeri harus melalui tahap fumigasi (penyemprotan angklung dengan zat anti serangga), sertifikasi, dan undername. lebih wow lagi adalah perhitungan dari biaya pengiriman. yang dihitung untuk biaya pengirimannya bukan dari berat barang tetapi dari volume dusnya.

Contoh perhitungan harga pengiriman angklung ke luar negeri (hasil ngobrol dengan marketing).  pengiriman angklung yang orkestra minimalis ke Kaohsiung,Taiwan by plane door to door.. angklung orkestra minimalis (seharga Rp 5.000.000,00) terdiri dari 6 dus dengan total volume sekitar 300-400 m³ (harga /m³ adalah $18). biaya tersebut ditambah biaya fumigasi + sertifikat seharga Rp1.400.000,00 dan biaya undername seharga Rp1.750.000,00………………

total deh..

wih… kebayang ya muaaahaallnya biaya pengiriman angklung..

mahalnya biaya pengiriman membuat turis yang datang menenteng sendiri angklung yang mereka beli. jika hanya membeli kira-kira satu oktaf, angklung bisa ditaruh di kabin pesawat. tetapi, walaupun mahal cukup banyak eksport yang dilakukan oleh angklung udjo. banyak juga yang tidak terlalu masalah dengan biaya karena mereka sangat suka dengan angklung. Saung angklung udjo sudah punya pelanggan khusus dari korea. mereka meminta secara khusus not-nya.

orang luar begitu rela mengeluarkan banyak uang demi angklung dan sangat tertarik mempelajarinya. Yuk sama-sama kita jaga angklung tetap abadi di bumi parahyangan, tanah air Indonesia🙂

Categories: Ulalaaa | Tags: , , , , , , , , , , , | 7 Comments

Post navigation

7 thoughts on “Saung Angklung Udjo: nature, culture in harmony

  1. Dede Zubaidah

    Ass. Mohon maaf sblmnya..kami dr mts attaqwa pusat putri bekasi mau menanyakan kalau kami ingin datang utk membeli angklung it prosesnya bagaimana ya .. Trmksih atas bantuannya yg berharga utk kami.

    • wa’alaikumsalam.

      silahkan langsung menghubungi kontak di bawah ini.

      Saung Angklung Udjo
      Jln. Padasuka 118, Bandung 40192 West Java – INDONESIA
      Phone. +62 22 727 1714, +62 22 710 1736
      Fax. +62 22 720 1587
      E-mail : info@angklung-udjo.co.id

      Sales & Marketing Produk Angklung
      Cathy Mayangsari (mayangsari.cathy@yahoo.com)
      Elly Rusmiati (rusmiati.eli@gmail.com )

  2. kapan di dirikannya sih saung angklung ini?
    terimakasih😉

  3. Anita

    Kami berminat untuk pesan angklung. Tapi tidak tau bisa konsultasi dgn bagian apa?Harga orkestra mini berapa?trus jika dikirim ke kalimantan barat berapa biayanya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: