Living Without Meat and Flour


Judul postingan kali ini saya ambil dari salah satu episode (yang dipecah jadi tiga part) reality show korea, The Human Condition. Reality show ini, setiap episodenya memiliki tantangan berbeda yang di lakukan selama seminggu. Ada tantangan hidup tanpa uang, hp, diet garam, dll. Salah satu episode yang membuat saya sangat tertarik adalah episode ini. LIVING WITHOUT MEAT AND FLOUR

image

Kalo buat saya pribadi, without meat jelas lebih mudah (dalam jangka waktu tertentu ya :p ). Without flour?? Hm… rasanya pasti akan sangat menyiksa. Bakwan, mendoan, jamur kriuk, mie. Waduh! Terlalu banyak makanan berbahan baku terigu😥

Penggunaan terigu di rumah sebenernya sudah berkurang semenjak menjalankana bisnis begawan (itu tuh… cookies brownies tanpa terigu ;D ). Selain kue tanpa terigu, setiap bikin gorengan dicampur tepung beras dengan perbandingan 1:1, bahan pengental soup ataupun sauce menggunakan maizena. Mie?? Sekeluarga sudah sangat jarang makan mie. Lebih sering masak olahan soun atau bihun dibandingkan mie.

Dalam episode ini selain daging dan tepung terigu, larangan konsumsi juga diberlakukan untuk nasi putih dan gula. Nasi putih?? Orang korea sama dengan orang indonesia. Sudah sangat tergantung dengan beras putih. Yuk coba meragamkan karbohidrat kita. Selain lebih sehat (kalorinya lebih rendah), kalo harga beras naek ga usah sedih dan memaki pemerintah. Pemerintah emang gitu #lohlohloh be a smart citizen ;D Sumber karbohidrat kan ada banyak banget. Beras merah, Singkong, talas, kentang…. urusan gula? Bisa diganti tropicana slim. Hahahaa

tidak tergantung dengan bahan pangan tertentu sebenarnya bisa membantu kita untuk tidak makan ‘pilih-pilih’. Jika setiap warga negara indonesia memiliki kesadaran utk tidak tergantung dengan bahan pangan tertentu, aneka bahan import sebenarnya bisa ditahan.. ga cuma badan kita yg lebih survive, negara bisa lebih kuat kan. wih!! Dampaknya oke ya🙂

Hm.. sebenernya kalo mau dilihat dari sisi Islam si agama sempurna, Islam sudah mengatur tentang makan. Simple. Makan makanan yg halal dan thoyyib (baik). Berhenti makan sebelum kenyang (beri ruang pada perut 1/3 utk makanan, 1/3 utk minuman, 1/3 utk udara ). Puasa sunnah dan wajib untuk mengistirahatkan sejenak sistem pencernaan. Di Islam hanya WITHOUT HARAM. Makan daging? Boleh asal proses penyembelihan dan masaknya halal serta thoyyib bagi yg sehat😉 selama porsi wajar tidak berlebih, daging (tanpa lemak ya) baik utk sumber protein.

DIET??
tonton yg part II bagaimana bora melakukan diet. Itu Islami banget loh😀😀

HUMAN CONDITION
Without Meat and Flour

image

PART I

image

PART II

image

PART III

Categories: all about FOOD | Tags: , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: