Bubur Ayam Lada Hitam


Masak hari ini pake otak banget! mulai dari bubur sampai topping semuanya hasil dari modifikasi. hahaa..

Ceritanya sih lagi diet tapi pengen makan enak, tampang makanannya ‘kece’ dengan beberapa warna, dan simple. karena lagi suka sama bubur, kebayang buat bubur beras merah pake ayam (fillet) panggang oven yang dari testerannya catering alfabet (luar biasa nih alfabet ngasih tester mulu :D).

Bayangan masak bubur cepet pupus. Apalah daya.. Saya tuang airnya kebanyakan.. Berharap si air berkurang karena menguap tapi kok lama banget yaa >.< Alhamdulillah ada oatmeal dan punya ide buat nuang si oatmeal biar buburnya layak konsumsi :p

so.. tak ada resep untuk buburnya ya (bumbu bubur: kaldu jamur dan irisan seledri)

image

 

Kelamaan masak bubur jadi mikir. Kayaknya si ayam enak kalo dimodif jadi ayam lada hitam. Basic-nya si ayam ini udah ada rasa tapi rasa ‘standard’ (asin manis pas lah pokoknya). Karena dalam rangka diet, si ayam fillet saya pastikan ga ada kulitnya.

TOPPING: AYAM LADA HITAM 

(3-4 porsi)

Bahan:

* 1 sdm Olive Oil

* 1/2 Bawang bombay ukuran kecil

* 1 siung kecil Bawang putih

* 2sdm Kecap manis

* 1sdt Kecap asin

* 2sdm Saos Tiram

*3sdm air

* 1sdm Lada hitam (cap koepoe2)

* 2 buah Cabe Merah

* 1 cup Ayam (fillet) panggang oven-nya Alfabet

Cara  Membuat

  1. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay tumis sampai layu.
  2. masukkan kecap manis, saos tiram, kecap asin, air, dan lada hitam. aduk rata.
  3. masukkan ayam fillet. aduk rata. masak sampai kuah mengental.
  4. masukkan irisan cabai merah. aduk rata.
  5. siap disajikan

NOTE:

*si ayam basically sudah gurih, jadi saya tidak menambahkan gula, garam, dan kaldu jamur. kalau ayam fillet masih mentah enaknya ditambahkan lagi sedikit garam, gula, dan kaldu jamur.

*saos dan kecap yang digunakan pada dasarnya sesuai selera. kalau selera saya, penggunaan kecap manis dan saos tiram perbandingannya 1:1

*banyaknya penggunaan lada hitam disesuaikan dengan selera dan merek.

BERHASIL!!

Perpaduan si bubur dan ayam lada hitamnya oke banget. Huaaa~~ Seneng bisa berhasil buat masakan yang awalnya sempat tidak ada harapan untuk dimakan (berlebihan :p ). Happy Cooking!!🙂

Categories: all about FOOD | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: