Nasihat Pra Nikah #PalupiBary


Urusan ‘wejangan’ sebelum nikah sebenernya secara tersirat sudah sering saya dapatkan dari ibu bapak sejak lama..

Misal..
Perempuan ga usah deh kerja kantoran, kalo udah nikah harus keluar dari rumah, jangan pernah ribut di depan anak-anak, sering sholat berjama’ah terutama di masa-masa awal pernikahan, bapak ibu mertua itu ya bapak ibumu, dll

Prinsip ibu bapak saya, mereka sepakat kalau salah satu emosinya naik yang satunya harus diam. Jangan sekali-sekali anak mendengarkan pertengkaran orang tuanya (yaa ini mereka sukses banget.. umur saya 25 tahun dan saya tidak pernah melihat mereka bertengkar). Paling ampuh meredam emosi adalah sholat berjama’ah dan salim meminta maaf setelah sholat.. walaupun lelaki lebih baik sholat ke masjid, menurut ibu bapak di masa awal pernikahan perlu dibuat kesepakatan waktu tertentu utk sholat berjama’ah di rumah..

image

Selain dari umi abi, kelompok ngaji rutinanku secara tidak langsung juga sering jadi ajang aku belajar tentang kehidupan rumah tangga. Aku banyak menyerap ilmu dari semua teman-teman yang sudah menikah dan memiliki anak. 9 orang berbeda karakter dan berbeda kehidupan rumah tangganya. Hampir tiap pekan ada aja yg di-share. Menarik.

Nah.. beberapa bulan yg lalu baru ikut tahsin. Kelompoknya jauh lebih seru dari pengajian rutin yang selama ini kuikuti karena anggotanya beragam. Mulai dari ibu-ibu muda sampai nenek-nenek (tapi neneknya cantik loh.. awet muda..🙂 ). Lagi-lagi aku paling junior dan single sendiri >.<

Pasca ramadhan, dua pekan berturut-turut guru tahsinku yang masyaAllah banget sholihahnya, banyak share tentang rumah tangga. Kebetulan saya akan menikah dan salah satu dari kita tidak sengaja ‘curhat’ tentang suaminya.

Intinya…

Aktris terbaik di dunia adalah istri sholihah

Seorang istri harus memiliki stok sabar yang tidak terbatas (kalau ini bahasanya ibuku🙂 ). Saat suami sedang sedih, tetapi istri bahagia maka seorang istri harus ‘ikut’ merasakan kesedihan suaminya. Begitupula saat suaminya bahagia. Seorang istri harus ‘ikut’ merasakan kebahagiaan suaminya sekalipun seorang istri sedang merasa sedih. Saat suami memilihkan barang yang tak sesuai dengan selera istri, istri harus tetap memakai barang pilihan suaminya. Kok gitu?? Ya.. karena seorang istri perlu ridhonya suami. Bahkan di saat ada dua perintah bersamaan dari ibu dan suami, maka perintah suami harus dijalankan terlebih dahulu..

jujur, pertama kali denger ini kesannya kok istri terbelenggu. Kita manusia biasa yang kayaknya ga mungkin bisa sesabar itu melayani suami. Guru tahsin ini bilang, “kita sepakat ya, meraih syurga itu tidak mudah tapi bisa kita raih. Salah satu kunci syurga adalah menjadi istri sholihah. Setiap ingin mengeluh saat melayani suami, kuatkan hati dengan mengatakan, “Ya Allah.. Inilah kunci syurgaku””

MasyaAllah…
Ini dilakukan sendiri oleh guru saya. Suami beliau di awal-awal pernikahan sangat keras, saat ini bisa menjadi partner yang baik dan pernikahan mereka sudah memasuki usia 33 tahun..

suami kita adalah paket terbaik dari Allah

Jangan pernah membandingkan suami kita dengan suami orang lain. Membandingkan rumah tangga kita dengan rumah tangga orang lain. Allah paling tahu kapasitas kita. Saat Allah memberikan anugerah suami, apapun dan bagaimanapun sosoknya, Allah tahu bahwa kamu bisa mendampinginya..

Kalau harus punya stok sabar sebanyak itu, kalau suami semena-mena bagaimana? Boleh minta cerai? Seorang istri berhak mengajukan gugatan cerai saat suami tidak menafkahi lahir batin dan menyakiti istri serta anak-anaknya. Just it. Selebihnya.. bersabarlah!

Huaa… hati dan kepala langsung full. Intinya, komunikasi ke Allah harus lancar. InsyaAllah apapun kondisinya bisa dihadapi. Bismillah ya pipit… :’)

Categories: All about Love, Dakwah Islam, PalupiBary's Wedding | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: