Assalamu’alaikum nak! #AMS Trimester I


wpid-2015-10-22-04-40-25_deco.jpg

Oktober 2015 menjadi oktober paling degdegan yang pernah saya alami. Menanti apakah haid akan datang atau tidak… Tubuh sudah mulai memberi sinyal tanda-tanda ga enak. Kepala pusing, badan terasa aneh, sedikit mual, yaaa secara umum kayak masuk angin lah. Mba nidar (salah satu bidan timnya dr. Achmad) bilang, “kayaknya positif tuh. Cepet test pack aja, ga usah nunggu telat seminggu..

Tgl 22 oktober 2015 jam 3 dini hari memberanikan diri test pack. Hasilnya… dua garis muncul, tapi satu garisnya tipis. Suami saya beri kabar setelah pulang dari masjid sholat shubuh. Dia sempat kikuk, “artinya apa?“. Saya katakan kepadanya dengan sedikit berbisik, “InsyaAllah aku positif hamil mas..” Alhamdulillah. kecupan manis mendarat di kening saya :’)

Assalamu’alaikum nak! selamat datang di perut bunda… :*

pagi itu suami langsung memberi kabar ke keluarga. ah.. padahal pengennya ngasih tau umi abi dulu secara langsung.. si mas ga sabar ngasih kabar lewat whatsapp grup keluarga😀  ucapan selamat  dan do’a mengalir. adik saya sangat excited. satu tahun dia akan punya dua keponakan! umi abi juga ga kalah excited karena dalam waktu dekat akan memiliki dua cucu sekaligus. umi langsung memberi banyak pertanyaan dan saran… huhuuhuuuu… pengen banget saat itu peluk umi! :’)

Tanpa perlu mencari-cari, saya dan suami memutuskan untuk kontrol calon dede bayi ke dr. Achmad Mediana di kliniknya, Kemang Timur. Dari Depok memang lumayan jauh tapi karena kami kenal dengan beliau, kami sudah kontrol pra nikah, dan kemampuan beliau tidak diragukan lagi, depok-kemang pun terasa dekat *apasiiihh pit… :D*

Kehamilan pertama ini Allah sudah menunjukkan bahwa setiap anak memiliki rizkinya masing-masing. untuk calon dede bayi, serangkaian kontrol yang dijalani bundanya gratis karena dokter-dokter yang menangani adalah teman ayahnya (kecuali ahli gizi)😉

فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan (QS. Ar-Rahman:13)

 

29 Oktober 2015
Kontrol Pertama

Dr. Achmad memberi waktu untuk saya kontrol di hari kamis sekitar jam setengah 4 sore, sebelum pasien-pasien yg lain datang. Cukup excited dengan kontrol pertama. Penasaran akan seperti apa si calon dede bayi. Beneran adakah? Sehatkah?

Alhamdulillah so far si calon dede bayi ini terlihat baik-baik saja. Saya diminta untuk kembali lagi sekitar dua minggu untuk melihat perkembangannya si dede karena saat ini si dede masih keliatan keciiiiil banget! Dua minggu lagi bs terlihat lebih panjang🙂

Tidak terlalu lama sesi kontrol pertama karena sejauh ini belum banyak yang mau aku tanya. Alhamdulillah bekal buku yang dibelikan suami sebelum hamil cukup membantu memberi informasi yang sangat jelas tentang kehamilan. Aplikasi di handphonenya jg banyak memberi informasi. Saya merujuk ke buku the pregnancy and baby dan untuk aplikasnya MD Pregnancy.

Pesan utama dr. Achmad cuma satu. ” menjalani kehamilannya harus happy ya!” Ya.. intinya kita harus menerima dengan baik kehamilan si calon dede bayi. Ga perlu stress. Nikmati!

Speachless. Dalam hati cuma bisa berucap.. Subhanallah Alhamdulillah laa ila haillAllah Allahu Akbar! Dari setitik ini si dede insyaAllah akan tumbuh semakin besar…. :’)

Mulai dari saat datang ke klinik sampai keluar dari ruangan dr. Achmad, orang-orang di klinik ‘rame’. Berita membahagiakan ini cukup bikin heboh satu klinik. Gimana hasilnya? Positif ya? Selamat ya! Huhuhuuu.. terharu euy..

 

11 November 2015
Kontrol Kedua

kontrol kali ini mendapat teguran keras dari dr. Achmad. Baru sekitar dua pekan kenapa berat badan bisa naik 2 kg???? Pokoknya harus ke dr. Ndung (ahli gizi) ya! Waduh… pokoknya kalo berat badan naik sampai lebih 12 kg, bary (suami) yang saya marahin nih.

Ya.. begitulah. Nampaknya saya terlalu excited dengan kehamilan ini. Eh.. tapi sebelum ke klinik kan abis makan ayam kremes. Mungkin ayam kremes penyebab berat badan bertambah banyak. Hahahaaa.. malah ‘ngeles’ >.<

selain ke dr. Ndung, saya dan suami juga sangat dianjurkan untuk konseling kehamilan, rehab medik, dan mengingatkan jg untuk ke dr. Gigi..

kenapa harus mengunjungi banyak dokter? karena dr. Achmad berharap calon dede bayi ini bisa optimal tumbuh kembangnya dan si ibu juga tetap sehat dan bugar. Ahli gizi mengatur asupan gizi saya agar tubuh saya tidak melar berlebihan dan dedek bayi nutrisinya tetap terjaga. Rehab medik fokus untuk melihat bagaimana kondisi panggul maupun tulang belakang saya. kebetulan tahun 2012 saya pernah jatuh dari motor lumayan ekstrem dan efek samping sakit tulang belakangnya masih suka muncul. dengan adanya rehab medik, kondisi tulang belakang saya akan dipantau. alhamdulillah sejauh ini kondisinya’aman’. dokter gigi perlu juga??? ya.. gigi ibu hamil saat trimester ketiga diharapkan tidak berlubang. gigi berlubang dikhawatirkan syaraf-syarafnya yang sakit mempengaruhi saat proses persalinan nanti. kunjungan ke dokter gigi ini juga tidak boleh sembarangan. harus seijin dokter kandungan tindakan apa saja yang diperbolehkan dan kondisi paling aman saat tindakan di dokter gigi adalah saat kandungan berusia trimester kedua. trimester pertama hanya boleh untuk konsultasi.

 

12 November 2015
Konseling Kehamilan Pertama

konseling ini untuk memberi informasi selengkap-lengkapnya tentang kondisi ibu dan bayi di tahap-tahap kehamilannya. Konselor untuk saya selama saya hamil adalah dr. Intan. Dokter cantik ini akan menjadi ‘partner’ saya🙂 Sejauh ini sudah banyak yang saya ketahui. Namun ada beberapa hal yang baru saya ketahui. Seperti halnya..
1). Kehamilan trimester pertama dan ketiga itu memang mengakibatkan si ibu sering buang air kecil karena posisi bayi cenderung menekan kandung kemih. Ibu hamil sangat dilarang menahan buang air kecil karena bisa mengakibatkan keracunan pada bayi. Kenapa pada trisemester kedua tidak merasakannya? Karena pada trimester kedua posisi bayi cenderung naik dan tidak terlalu menekan kandung kemih.

2). Makan dengan porsi sedikit namun sesering mungkin dan menghindari makanan yang terlalu asam atau pedas karena pencernaan si ibu bekerja lebih lambat dari biasanya.

3). Tidak ada larangan untuk berhubungan suami istri selama kondisi kehamilan baik-baik saja

4). Si ibu hamil terkadang akan sering lupa beberapa hal. Hormon lupa ini secara khusus memang diproduksi untuk melupakan rasa sakit saat hamil maupun saat melahirkan. Dengan hormon lupa ini membuat si ibu tidak trauma dengan kehamilan maupun kelahiran. MasyaAllah ya!

Pesan dr. Intan…
Jangan pernah asal menerima informasi. Tanyakan pada ahlinya. Kalau terjadi sesuatu, dr. Intan akan siap membantu :’)

 

16 November 2015
Konseling Gizi

Atas anjuran dari dr. Achmad untuk ‘berkunjung’ ke ahli gizi, kita langsung dibuatkan janji ahli gizi yang ada di klinik Kemang Timur, dr. Ndung. Dokter perempuan senior ini expert banget soal gizi. saya mendapat penjelasan sangat rinci mulai dari kondisi saya sebelum hamil sebenarnya seperti apa hingga sampai melahirkan nanti kondisi badan saya harus seperti apa. prinsip makan ibu hamil bukan makan untuk berdua. kondisi pencernaan ibu hamil itu cenderung lambat loh.. makan sering dengan porsi sedikit jauh lebih baik. dengan kondisi berat badan yang sedikit obesitas, saya dilarang makan sesuka hati. selama kehamilan berat badan saya hanya boleh naik 7kg-12kg saja! dilarang lebih apalagi kurang. saya harus lebih concern dengan apa-apa yang masuk ke tubuh. trimester pertama ini makanan diatur. istilah orang, diet. diet ini tetap aman meskipun hamil karena dipantau oleh ahli gizi dan saya tetap makan kok! untuk 3 pekan-1 bulan kedepan ini saya digencarkan sayur buah. untuk saat ini berhenti untuk konsumsi lemak, susu, dan lain-lain. hamil kok ga boleh minum susu?? ini hanya untuk 3 pekan dan paling lambat 1 bulan. diet yang ini untuk mengejar nutrisi dan dilarang keras diet ini dilakukan lebih dari 1 bulan.

dari dr. Ndung dapat oleh-oleh list makanan yang boleh dimakan dan dilarang dimakan oleh saya. selain itu dr. ndung juga memberikan ‘agenda makan’ beserta porsinya. dr. Ndung menyusunnya mudah saya pahami. saya bisa dengan mudah menyusun menu buat saya. let’s enjoy pregnancy!🙂

 

12 Desember 2015
Rehab Medik

Untuk pertama kalinya ngalamin ke rehab medik. ternyata rehab medik ini membantu saya untuk mempermudah kelahiran normal nantinya. rehab medik sama dr. Uci di RS Kemang Medical Care menyenangkan. dr. Uci yang ramah membuat penjelasannya menarik. secara umum kondisi saya sangat memungkinkan untuk kelahiran normal. namun di trimester kedua, saya akn diberikan program khusus agar panggul bisa lebih kuat dan bagian belakang yang suka nyeri pasca jatuh dari motor bisa dikurangi. setelah 16 minggu dr. uci akan menyusun program khusus (semacam senam hamil) dengan referensi dari dr. Ahmad.. Masya Allah de… rizkimu dikelilingi dokter-dokter hebat! semoga sehat terus ya ^^

 

16 Desember 2015
Kontrol Ketiga

usg 12weeksini menjadi kontrol terakhir di trimester pertama. kontrol kali ini membuat saya dan suami speachless! si calon dede bayi sudah mulai terlihat bentuk bayi… ^^

Alhamdulillah 7 dari 8 indikator baik. tulang hidung masih belum bisa dilihat sama dokter ahmad karena dede bayinya ngumpet.. detak jantung baik.. Allahu Akbar.. speachless!
Dokter Ahmad mengingatkan untuk tetap enjoy menikmati kehamilan. dokter juga mengevaluasi serangkaian ‘kunjungan’ dokter yang sudah saya lakukan.”cakep banget nih kalo kamu mengikuti apa yang sudah saya atur. bayi ini akan tumbuh terus dan siapa tahu 25-an tahun lagi bayi ini bisa gantiin saya…” aamiin… semoga ya de🙂 Bismillah sehat terus dan kelak bisa menjadi anak sholeh/ah..

Categories: Assalamu'alaikum nak | Tags: , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

