Waktu Bertemu Denganmu Semakin Dekat Nak! #AMS Trimester III


Senin, 4 April 2016
Kontrol Rutin ke dr. Achmad feat dr. Ginta

Alhamdulillah usia kabay di kandungan 28 minggu. Artinya… kabay sudah memasuki trimester III. Sejauh ini ga ada keluhan yg membuat saya kesulitan. Semoga baik terus sampai nanti lahir normal ya nak.. ^^

Karena kontrol terakhir berat badan saya turun sekilo, saya nyantai banget tidak memikirkan berat badan. Lagipula juga ga ngerasa berat badan terlalu naik. Namun… timbangan berkata lain. Berat badan saya naik 4,5 kg!!! Rekor banget. Nimbang sampai 2x karena ga percaya >.< mba amel (bidan) sampai ikutan kaget. Ya ampun mba pipit, makan apa aja? Hahahaaaa😀 haduh.. gara-gara timbangan naik 4,5 kg mendadak panik. siap-siap diceramahin dr. Achmad😦

Beneran diceramahin? Biasa aja sih.. karena total kenaikan berat badan dari sebelum hamil sampai sekarang masih normal, 8 kg. Harus tetap dijaga ya berat badannya. Jangan sampai kebablasan biar pas lahiran normalnya lebih mudah. Harus ke ahli gizi dan mulai laktasi biar asinya nanti bisa maksimal. Siap dok!🙂

Bagaimana dengan kondisi kabay?

Kabay Alhamdulillah sehaaat! Beratnya kabay 1,4 kg. Aktif sampai sedikit terlilit tali pusar. Kalo kata pak dokter, sering diajak ngobrol biar ga terlilit tali pusar. Nanti kita buktikan ya kabay🙂 Bismillah

image

O iya.. kontrol kali ini dikasih kartu pantau gerak. Selama 10 jam, kabay minimal banget bergerak 10x. Kalau kurang 10x harus langsung ke Rumah Sakit!

Alhamdulillah saya dan kabay sehat. Perjalanan kita masih beberapa minggu lagi nak. Semoga sehat terus dan nanti bisa lahiran normal. Aamiin…

Eits. Masih ada yang mau dishare🙂 saya dan suami laporan ke dr. Achmad kalau kita sudah punya alternatif tempat lahiran kabay, RS HGA (Hadanah Graha Arfiah). Ternyataa… yang punya RS ini masih temannya dr. Achmad. MasyaAllah… InsyaAllah nanti dimudahkan urusan kita ya nak. Heheheee…🙂

Dokter Valleria pilihan saya dan suami. Alhamdulillah dokter ini juga jadi salah satu dokter yang direkomendasikan sama dr. Achmad dan dr. Ginta. Kalau bahasanya mereka, “InsyaAllah beliau bagus jg kok. Satu perguruan dengan kita”

Jadi nanti kabay lahiran sama dokter siapa? Sama dr. Achmad ataupun dr. Valleria yang penting sehat ya nak🙂 saya serahkan penuh ke dokter-dokter hebat ini. Bismillah.. Semangat Normal!!!!!!

Rabu, 20 April 2016
Kontrol ke dr. Valleria dan Survei RS Hasanah Graha Arfiah (HGA)

Kemarin-kemarin udah ngecek jadwalnya dr. Valleria di RS HGA. Beliau praktek tiap pagi dari senin – sabtu. Rabu si calon bapak jadwalnya free akhirnya kita sempetin berenang pagi dan pulangnya mampir ke HGA.

Sampai HGA udah jam setengah 11 lewat tapi alhamdulillah dr. Valleria masih mau terima pasien. Saya jadi pasien kedua terakhir dengan nomer urut 23. Hmmm… pasiennya banyak ya. Tanya-tanya sama bagian pendaftaran, dr. Valleria pasiennya emang banyak. Biasanya pasien dr. Valleria udah daftar duluan by phone..

prosedural sama kayak kontrol di klinik. Ditanya-tanya dulu sama perawat, tensi, dan timbang berat badan. Gara-gara kontrol terakhir abis naik 4.5 kg, begitu liat timbangan ngeri >..<

image

Penasaran mau lihat kayak apa kamarnya (kelas 1 & vip) tapi lagi penuh semua. Saat itu langsung terbesit, pas kabay lahir dapet kamar ga yaaa.. si petugas kayak bisa baca pikiran saya deh. “Tenang bu, saat lahiran InsyaAllah akan dapat kamar. Saat nanti dari rumah udah ada kontraksi bisa langsung hubungi kita di nomer (021) 77826267 ext. 2217 atau 2219. Ext itu nanti langsung terhubung ke kita. Jadi kontaknya lebih cepat.” Aaaw… respect! Mantap nih. Bismillah ya lancar-lancar aja🙂

 

Rabu, 27 April 2016
Konseling Gizi ke dr. Vera

Huaaa… lagi-lagi Cuma bisa mengucapkan subhanallah walhamdulillah walaailaa ha illallah Allahu Akbar!

Suami pertama kali kenalan dengan dr. Vera saat acara Prenatal Academy I di Klinik dr. Achmad. Saat itu dr. Vera jadi pembicara dan membawakan materinya dengan menarik. Suami kenalan dengan beliau dan menceritakan tentang kehamilan saya plus kue-kue yang saya buat. Beliau tertarik dan ngajak ketemuan. Akhirnya kita ketemuan di klinik dr. achmad karena beliau baru bergabung di klinik J

Beneran menarik konseling dengan dr. Vera! Beliau menjelaskan dengan detail. Beberapa hal sebenarnya sudah saya pahami namun ada beberapa hal baru yang saya ketahui

> Anemia pada ibu hamil memang lumrah terjadi tapi sebenarnya bisa dicegah. Anemia disebabkan kekurangan Hb (Hemoglobin). Hemoglobin itu terdiri dari Hemo (zat besi) + Globin (protein). Yang harus diperhatikan, saat mengonsumsi vitamin penambah darah, yang terpenuhi hanya hemo. Globin didapatkan hanya dari makanan-makanan mengandung protein.

> Bayam merah, katuk termasuk kategori sayuran golongan C atau bahasa mudahnya sayuran berkalori tinggi. Kenapa ibu hamil dan menyusui dianjurkan mengonsumsi ini? Karena cukup dengan porsi makan normal, kalorinya cukup untuk berdua!

>  sebelum hamil, kategori badan saya adalah obesitas awal. Dengan kehamilan 31 minggu penambahan berat badan sebanyak 9kg masih ditolerir. Sampai kelahiran nanti, punya ‘jatah’ penambahan berat badan 3 kg lagi. Kalau memang mau mudah kembali ke bentuk badan sebelum hamil, kenaikan berat badan saya selama hamil ga boleh lebih dari 12 kg. kalau untuk berat badan normal sebelum hamil, kenaikan berat badan selama hamil boleh sampai maksimal 16kg.

> pola makan yang diajukan dr. vera secara umum sudah saya ketahui. Tapi.. buat saya pribadi ada ilmu baru tentang yoghurt. Ternyata minum yoghurt biar manfaat dari yoghurt bisa maksimal diserap tubuh  adalah dengan menambahkan potongan agar-agar. Agar-agar/jelly tanpa gula disiram dengan yoghurt (yoghurt as a vla). Agar-agar bisa merangsang bakteri hidup yang ada di yoghurt untuk bekerja lebih maksimal. Makan malam maksimal maghrib, konsumsi agar-agar yoghurt saat malam hari insyaAllah ampuh bisa menurunkan berat badan😀

> porsi makan kira-kira ½ piring terisi sayur, 1/3 karbohidrat (nasi/kentang/dll), dan 1/3 lainnya adalah lauk. Piringnya piring biasa ya bukan piring gede >.<

Tapi.. bagaimana dengan kondisi saya dan kabay? walaupun berat badan melonjak 4kg, menurut hitung-hitungannya dr. Vera masih aman. Insya Allah kalau mau mengikuti saran-saran dr. vera, berat badan saya dan kabay bisa terkontrol tanpa mengurangi kebutuhan gizi kita berdua. Kira-kira begitulah hasil dari konseling gizi dengan dr.vera. Tinggal saya yang mau konsisten mengikuti aturan yang sudah dibuat dr. Vera atau nggak. Semangat sehat!

 

Senin, 2 Mei2016
Kontrol Rutin ke dr. Gintha

 

 

 

 

 

 

 

 

Categories: Ulalaaa | Tags: , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: