Dua Hari Penentuan Kehadiranmu Nak…


Sebagai calon ibu, umi ga bisa memungkiri perasaan campur aduk ini. Senang.. khawatir.. ah! Ga bisa diungkapkan >.< abimu, eyang uti-akung, dokter, timnya dr. Achmad, saudara, dan teman-temannya umi semua seperti kompak bilang "santai aja…" huhuuuu… tetep aja hati kecilnya umi campur aduk ga karuan *buru-buru istighfar*

Jum'at 17 Juni 2016, umi abi mau ketemu kamu di layar usg-nya dr.valleria supaya beliau ingat kalo kamu memang pasiennya dr. Valleria.. maklum, kontrol rutinnya kan ke dr. Achmad🙂 kalo maksain lahiran di kmc (kemang medical care) kejauhan plus kemahalan! Heheheee..

Umi abi sangat nyantai saat bertemu dr. Valleria.. tapi…. begitu kamu muncul di layar usg-nya beliau dalam kondisi sungsang, respon umi abi sama-sama kaget. Ya Allah, kamu muter lagi nak?? Kontrol senin kemarin sama dr. Achmad posisi kepalamu sudah di bawah kan… kenapa sekarang sungsang  lagi T_T

Dr. Valleria menjelaskan, kemungkinan sungsang ini karena lingkar kepalamu termasuk besar utk ukuran anak pertama. Posisi sungsangnya jg bukan sungsang yg bisa dipaksakan normal. Kepala kamu di kiri atas dan posisi bawahnya kaki. Kamu jadi ga nyaman untuk stay dipanggulnya umi. Dokter ga mau mengambil risiko untuk memaksakan lahiran normal. Umi saat itu speacless….. berusaha menghibur diri dengan berpikir “apapun keputusannya yg penting kita sehat ya nak :')”

Eh.. tapi dr. Valleria sempat tetap ngasih harapan dikiiit buat kamu lahir normal. Dokter cerita beberapa kasus pasiennya yg posisi bayi tiba2 berubah. Bahkan ada yg begitu masuk ruang operasi, posisi bayi muter…

Posisimu sungsang dan tensinya umi cukup tinggi (130/80). Dokter mengharuskan umi cek urine. Klo protein positif, harus segera tindakan SC! huhuhuhuuuuu… makin ga karuan aja nih perasaannnya umi >.< (ssstt.. nak, abi saat itu jg galau loh. Hebatnya abi, abi berusaha ga menampakkan perasaannya tapi malah menenangkan umi. Kiss hug buat abimu nak! :* )

Alhamdulillah.. tes urine negatif. Kita boleh menunda perencanaan operasi sampai senin. Wusss.. saat itu umi berpikir, segera mungkin ngasih kabar ke dr. Achmad! langsung buat janji dengan beliau keesokan harinya sebelum jam 8 pagi karena jam 8 pagi mulai praktek dan hari itu pasiennya akan ada 30 orang. Janjian juga sama tante nidar (bidan timnya dr. Achmad yg baik hati ^^) insyaAllah beliau mau datang jam 7 biar kita bisa CTG dulu sebelum ketemu dr. Achmad.

Sabtu, 18 Juni 2016
Dari semalam hujannya dereeeeeessss buanget bahkan rumah sampai mati lampu. Allah seperti menurunkan banyak berkah dan menentramkan hati yg kalut seharian kemarin🙂 alhamdulillah Allah ngasih kesempatan umi abi tetap bangun sepertiga malam terakhir. Curhat sama Allah biar kita bertiga tetap dalam dekapan kasih sayang Allah.

Sahur kali ini umi abi ga banyak diskusi. Masing-masing seperti punya pikiran sendiri. Dingin.. rintik hujan terdengar tanpa henti.. dramatisir banget😀

Seperti janji kemarin, kita sudah sampai kemang jam 7 ditemani mendung dan hujan. Sesampainya tante nidar, umi langsung tensi dan timbang berat badan. Mengejutkan. Kemarin nimbang 72 kg, sekarang 71 kg. Kemarin tensi 130/80 (dan tensi ulang 120/90), pagi ini tensi 140/100!!! Woooooooowwww… tante nidar khawatir salah dan sepertinya kondisi umi memang lg ga oke. Jadi kita CTG dulu baru nanti tensi ulang.

CTG itu merekam detak jantungmu dan ngecek apakah umi sudah ada tanda-tanda kontraksi atau belum. Selama CTG kamu asik tidur. Selama 20 menit CTG kamu ga bergerak sedikitpun. Sempat bangun sekali tapi abis itu malah tidur lagi…. enak ya nak cuacanya buat bobo… Zzzzzz…

Hasil CTG bagus. Detak jantungmu normal dan umi blm ada tanda-tanda kontraksi.

Selesai CTG, tensi lagi…
hasil tensinya kali ini 120/80. Aman😉 kemungkinan besar saat tensi sebelum CTG, umi stress >.<

Selesai CTG, umi abi langsung ketemu dr. Achmad. Dokter dengan senyumnya yg okeh itu menyapa dengan….."kenapaa? Yuk usg". Bener posisi kepalamu stay di atas nak. Dokter achmad sepakat jg dengan dr. Valleria kalo kamu harus dilahirkan secara secar. Dokter achmad jg menyarankan untuk segera menjadwalkan operasi. Abi mengucapkan rabu 22 juni 2016 (semalam umi abi sudah sempat diskusi kalau kamu memang harus operasi, kapan waktu yg pas. Ada waktu utk nyiapin mental, ngabarin ke eyang2, abi nyelesein kerjaan yg akan di tinggal selama kamu nanti lahir, dan ternyata ada 17 ramadhan. Bismillah deh.. 17 ramadhan 1437 H / 22 juni 2016). Dokter achmad langsung menjadwalkan operasi sc untukmu rabu jam 6 pagi dan menyiapkan rujukan ke RS Kemang Medical Care.

Perjalanan dari klinik ke rumah menjadi diskusi yang lumayan bikin umi agak stress. Keliatannya sih biasa aja, tapi hati kecilnya masih kayak ga percaya. Ya Allah.. beneran sc nih? Nah.. abi yg jadi berat memikirkan akan di manakah operasi sc mu dilakukan? HGA atau KMC? kalo mau diliat dari sisi biaya dan efisiensi jarak jelas HGA. tapi.. krn ini operasi sc, entah kenapa umi lebih milih dr. Achmad yg melakukan sc-nya. Walaupun banyak yg bilang dr. Valleria bagus, umi lebih berat ke dr. Achmad. Mungkin krn kenal secara personal dan dr. Achmad tau banget kondisinya umi dari awal.

Umi abi istikhoroh sampai senin 20 Juni 2016. Bismillah.. Umi abi akhirnya memutuskan kelahiranmu secara sc akan dilakukan dr. Achmad di RS Kemang Medical Care. Beliau juga akan membantu meringankan biaya persalinannya.

Aaaaa.. MasyaAllah..
Nak, suatu saat nanti kamu harus banyak memberi manfaat dan meringankan urusan orang lain ya. Mulai dari kamu di dalam perut umi sampai kamu lahir, banyak pihak yg sudah membantu.. :')

Categories: Ulalaaa | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: