Masa Awal Menyusui


Inget banget kata-kata dr.Gintha, “hamil tuh ga seberapa, masa menyusui itu yang luar biasa”. Huaaa… akhirnya saya paham banget maksud kata-kata itu.

Saya termasuk alhamdulillah. Walaupun kelahiran si kecil melalui operasi sc, ASI bisa langsung keluar. Tapi.. si kecil tidak terlalu baik menyusuinya karena ada tongue tie plus ibu baru ini masih belum mahir meletakkan posisi si kecil. Akhirnya berat badan si kecil saat keluar dari Rumah Sakit turun banyak😦

Sebelum melahirkan udah ikut ‘kelas’ laktasi, selama hamil udah baca buku tentang menyusui, dan selama 3 hari di rumah sakit di datangi ‘dokter laktasi’ dua kali. Teteeeep… si kecil dan saya belum mahir menyusui.

image

Rekomendasi buku tentang menyusui

Seminggu awal puting lecet. Saya sadar kalau puting lecet berarti masih ada yg salah dari cara menyusuinya. Perasaan teori2 yg diketahui sudah dilakukan.PERASAAN :p

Kontrol pertama setelah pulang dari rumah sakit, berat badan si kecil naik tapi tak signifikan. Dokter memperkirakan cara menyusui masih kurang tepat dan tongue tie si kecil.

Menjelang lebaran menyempatkan ke dokter anak lagi. Dokter anaknya berbeda. Kali ini dokternya adalah kenalan suami. Si ibu baru bahagia bertemu dokter yang sabaaaaarr! Kita satu jam di ruangan dokter😀 saya belajar menyusui lagi dan suami belajar menyendawakan si kecil.

Jadi, apa yg selama ini salah??

Areola kurang maksimal masuk jadi si kecil banyak ‘memainkan’ puting dan saya kurang berani memiringkan posisi si kecil (kepala sampai kaki si kecil harus menghadap saya. Perut si kecil bertemu perut saya) plus saya kurang relaks >.

3 hal sederhana itu sukses bikin lecet dan rasanya mau menyerah. Alhamdulillah support suami dan dengan melihat muka si kecil yg mungil berhasil bikin semangat untuk menyusui.

Tgl 30 juli kondisi si kecil akan dipantau lagi. Jika berat badan masih tak naik signifikan, maka si kecil akan di insisi. Dokter sudah menjelaskan bagaimana prosedur insisi. Tindakannya sederhana kok, tapi saya teteeep ngerasa degdegan😦

Categories: Ulalaaa | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

