Rama’s First School


KENAPA GAK TK DULU?

Terlanjur nyaman home schooling 🙂 Alhamdulillah bisa dampingin anak-anak full. toh saat pandemi semuanya sekolah di rumah, zoom. Saya merasa sayang uangnya kalau anak usia TK hanya zoom. Pada akhirnya, ibunya juga kan yang harus dampingin. yo wes bismillah home schooling. pandemi sudah selesai. rama harusnya bisa setahun TK dulu. UNTUK APA? katanya sih buat adaptasi, mantepin baca nulisnya. MasyaAllah tabarokalloh sekolah rama mengakomodasi kebutuhannya rama. so? daripada bayar uang pangkal untuk TK, saya putuskan untuk langsung SD.

BAGAIMANA ADAPTASINYA?

Rama sebagai anak pertama berusia 6 tahun dan TK home schooling cukup lama beradaptasi di sekolah. tentu saja muncul drama nangis. satu semester hampir setiap pagi NANGIS. Sempet juga dibully sama temannya. kembali lagi ke sekolahnya yang alhamdulillah gurunya support banget 🙂 Dari awal wali kelasnya bilang, “kami menganggap anak kelas 1 seperti anak TK besar. biarkan setahun ini anak-anak nyaman di sekolah, nyaman dengan gurunya (wali kelas akan tetap selama 2 tahun), nyaman dengan teman-temannya. gapapa bu nangis, gapapa bu belum mau nulis, gapapa bu belum lancar baca…” Pelajarannya tidak sesulit sekolah lain. Membaca latin, membaca arab, menulis latin, menulis arab, berhitung semuanya dilakukan dari basic di sekolah di jam pelajaran. Bukan di jam tambahan.

SETELAH SETAHUN…

Alhamdulillah Rama sudah mulai nyaman dengan guru, teman, dan sekolahnya. Kelas dua saya coba bangunkan shubuh alhamdulillah jadi tidak terburu-buru. Membaca alhamdulillah sudah lancar sejak semester dua di kelas 1. menulisnya masih harus terus dilatih. InsyaAllah umi yakin sekolah yang terbaik untuk rama karena wali kelasnya masyaAllah support banget 🙂 saat bagi rapot pertama kali sangat jatuh hati dengan gurunya karena, tidak bahas nilai akademiknya. gurunya paham rama pertama kali sekolah, tidak punya kakak, punya dua adik (satu adik masih menyusui). Gurunya memberi pesan, “Rama jangan lupa dipeluk sebelum tidur ya bu..” huaaaa.. langsung deg!

Bismillah lancar sekolahnya sampai lulus nanti ya mas rama 🙂

Categories: parenting | Leave a comment

Post navigation

Leave a comment